Cara Memperbaiki Micro SD yang Rusak




Cara Memperbaiki Micro SD yang Rusak
Tips dan Berita - Micro SD atau flashdisk biasa dipakai untuk menyimpan file-file digital. Namun bagaimana jika tiba-tiba micro SD atau flashdisk tersebut error? Tentu kita akan panik karena mungkin saja di dalam media penyimpanan tersebut tersimpan data-data yang sangat penting.

Kasus yang sering terjadi adalah ketika micro SD atau flash disk disambungkan ke PC malah tertulis "the file or directory is corrupted and unreadable". Jika anda mengalami kejadian tersebut jangan panik, kemungkinan hal itu disebabkan karena ada kesalahan pada struktur direktori dan file dalam media penyimpanan tersebut.

Berbagai upaya perbaikan dapat dilakukan tanpa harus melakukan format ulang. Karena apabila diformat ulang maka dipastikan kita akan kehilangan data-data yang ada di dalamnya.

Cara yang sangat mudah untuk memperbaiki micro sd atau flashdisk yang corrupt adalah dengan menggunakan PC atau laptop yang memiliki sistem operasi Windows. Jika media yang rusak adalah micro sd, maka sambungkan media tersebut ke laptop atau PC dengan menggunakan card reader.

Pertama, silahkan masuk ke mode DOS Prompt dengan cara menahan tombol bergambar "jendela" windows sambil menekan tombol 'r'. Kemudian ketikkan CMD di kolom yang tersedia.




Ketika prompt sudah ditampilkan, silahkan ketikkan perintah: chkdsk e: /r




Huruf yang berwarna merah (e) adalah drive yang akan diperbaiki. Jadi perhatikan lokasi drive media Anda sebelum mengetikkan perintah tersebut. Huruf (e) tadi bisa diganti sesuai dengan drive micro sd atau flash disk Anda apakah di f, g, h, dst.

Perintah diatas digunakan untuk memeriksa ulang struktur dari disk yang ada pada drive tujuan. Opsi /r kita pergunakan untuk memperbaiki secara otomatis, jika ada kesalahan struktur.

Klik enter, dan biarkan program berjalan sampai dengan selesai.

Terakhir perintah chkdsk (check disk) akan menampilkan laporan dari proses perbaikan tersebut. nah sekarang coba akses kembali USB drive anda melalui Windows Explorer. Mudah-mudahan data anda dapat diakses kembali.

Jika kesalahan struktur di media Anda sudah sangat berantakan maka ada kemungkinan sebagian kecil data akan tetap hilang. Namun paling tidak, cara memperbaiki micro SD yang rusak ini dapat dicoba dahulu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »