Cara Membuat Masker Jeruk


Cara Membuat Masker Jeruk
Tips dan Berita - Jeruk tidak hanya enak dimakan. Buah bearoma sitrus segar ini juga cocok untuk perawatan tubuh.
Jeruk yang kaya nutrisi sangat bermanfaat bagi tubuh. Mulai dari kulit hingga rambut bisa dirawat dengan memakai jeruk. Sebab buah ini mengandung vitamin C, vitamin B12, vitamin E, asam sitrus, dan antioksidan. Berikut beberapa perawatan yang bisa dicoba dengan jeruk.

1. Masker kulit jeruk



Kulit jeruk bermanfaat bagi kesehatan kulit. Buat saja masker wajah praktis yang bisa mengontrol jerawat, mengurangi produksi sebum, dan membuat kulit bercahaya. Caranya ambil kulit dari 3 buah jeruk, robek-robek jadi potongan kecil. Kemudian cuci sebentar dan keringkan di bawah sinar matahari sekitar 3 hari. Ketika sudah kering, blender kulit jeruk sampai berbentuk bubuk halus.

Campurkan 2 sdt bubuk kulit jeruk dengan 2 sdt yogurt tawar (atau susu) dan 1 sdt madu dalam mangkuk kecil. Gunakan masker ini secara rata di wajah, diamkan selama 25 menit sebelum dibersihkan dengan air hangat. Masker juga bermanfaat untuk mendorong eksfoliasi dan menstimulasi produksi kolagen.

2. Masker jus jeruk



Masker jus ini jadi cara terbaik merevitalisasi dan menguatkan rambut rusak. Caranya, ambil air dari 1 jeruk dan 1 lemon ke dalam mangkuk. Lalu tambahkan 1 sdt madu dan 1 sdt minyak zaitun. Campur sampai rata lalu balurkan ke rambut. Terutama bagian kulit kepala. Diamkan satu jam sebelum rambut dicuci.

Vitamin B, B12, C dan E dalam jeruk mempromosikan rambut bercahaya dan sehat. Adanya penggunaan madu dalam masker bisa menambah kelembaban dan antioksidan bagi folikel rambut. Sedangkan sedikit minyak zaitun memiliki sifat anti-jamur untuk kulit kepala sehat.

3. Air kulit jeruk



Selain kering, kulit jeruk segar juga bisa dipakai untuk perawtan wajah. Campurkan 4-5 sdm air panas dengan kulit jeruk. Diamkan semalaman. Keesokan hari, saring air lalu balurkan airnya ke muka dengan kapas. Diamkan selama 10-15 menit. Lalu bersihkan wajah dengan air dingin. Ini bisa membuat kulit cerah dan kencang. Sisa air bisa disimpan dalam kulkas dan bisa dipakai sekitar 1 minggu.

4. Scrub jeruk



Bubuk dari kulit jeruk kering dapat digunakan untuk membuat scrub. Campurkan bubuk dengan air mawar, lalu aplikasikan ke tubuh untuk scrub. Ini untuk mengangkat kotoran pada tubuh.

 Untuk Perawatan Alami Silahkan Dicoba...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »