Kebiasaan Yang Menyebabkan Rambut Menjadi Tipis



Kebiasaan Yang Menyebabkan Rambut Menjadi Tipis
Tips dan Berita - Tahukah Anda, bahwa ternyata ada beberapa kebiasaan-kebiasaan kita yang tanpa kita sadar telah mencetuskan kerontokan rambut?
Berikut berapa kebiasaan-kebiasaan yang biasa kita lakukan dan ternyata menyebabkan kerontokan rambut:

Mandi dengan air panas

Sama seperti kulit, air panas dapat membuat rambut menjadi lebih kering dan mudah patah. Tidak hanya "minyak asli" rambut yang berfungsi sebagai proteksi yang hilang, tetapi panas juga akan membuka pori-pori kulit kepala dan meningkatkan produksi minyak sehingga dapat merusak akar rambut.
Tips: cucilah rambut dengan menggunakan temperatur sedang atau dingin.

Menggunakan alat penata rambut yang panas

Temperatur yang sangat panas dari alat catok ataupun hair dryer dapat merusak protein rambut dan kutikel nya. Ketika kutikel rusak, rambut Anda menjadi lebih mudah patah.
Tips: batasi penggunaan alat catok ataupun hair dryer 2-3 kali seminggu saja dan mulailah dengan suhu yang tidak terlalu panas.

Diet yang salah

Diet yang berlebihan ataupun membuat diri Anda kelaparan dapat berpengaruh terhadap kesehatan rambut.
Tips: penuhi diet Anda dengan protein seperti ikan, ayam dan kacang-kacangan karena rambut sebagian besar terdiri dari protein.

Kesalahan merawat rambut yang basah

Helai rambut kita menjadi lebih rapuh dan mudah patah ketika tersaturasi oleh air. Hindari meyisir saat rambut sedang basah dan mengeringkan dengan sangat agresif.
Tips: minimalisir menyisir rambut setelah mandi dengan menyisir sebelum rambut basah. Gunakan sisir bergigi jarang. Keringkan dengan cara ditepuk-tepuk dengan handuk halus dan jangan digosok.

Mengikat rambut terlalu ketat

Jika Anda mengikat atau mengepang rambut terlalu ketat, hati-hati karena dapat memberikan tekanan berlebih pada folikel rambut, merusaknya dan membuat rambut menjadi mudah patah.
Tips: sebisa mungkin gerai rambut Anda dan kalupun harus mengikat rambut, ikatlah dengan longgar dan jangan terlalu ketat.

Berjemur di bawah sinar matahari

Jika Anda sering terpapar di bawah sinar matahari, sinar UV dapat menurunkan elastisitas rambut Anda dan dapat melemahkan kutikel rambut sehingga membuatnya mudah patah.
Tips: gunakan topi setiap kali Anda berada di bawah sinar matahari dan gunakan juga produk yang dapat melindungi rambut dari paparan sinar UV.
Sumber:klikdokter



Posted via Blogaway

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »